Friday, 14 August 2015

soal soal prosedur darurat


naskah 1
1.a.dalam mengatasi keadaan darurat harus dibentuk suatu pola penanggulangan keadaan darurat, apa saja manfaat dgn pola tsb
Jawab
-Agar awak kapal dpt mengerti dan memahami tugas2 dan kewajibannya sesuai dgn muster list dlm menghadapi keadaan darurat
-Melatih reaksi dan kesigapan ABK dlm menghadipi keadaan darurat
-Melatih ketrampilan pribadi maupun ABK dlm menghadapi keadaan darurat
-Melaksanakan salah satu ketentuan yg terdapat dlm peraturan pelayaran internasional (solas 74)
-Penggantian sarana2 dan alat keselamatan yg sudah expire.

b.Sebutkan kelompok2 bagian dari organisasi keadaan darurat diatas kapal dan jelaskan tugas2 dari masing2 kelompok tsb
jawab
Biasanya tergantung dari jumlah crew,misalnya 18 orang maka dibagi atas 3(tiga) kelompok,Kelompok A,B dan C.
Kelompok I waktu latihan sekoci terdiri dari : A.Membuka lashing sekoci
         B.Memasang sumbat sekoci
         C.Mengangkat handle brake utk
             menurunkan sekoci

2.a. Uraikan dan jelaskan apa yg segera dilakukan jika kapal anda tabrakan
Jawab
-Stop mesin
-Bunyikan emergency general alarm
- Lapor master, c/e, kamar mesin,
- Ambil posisi, & waktu catat di log book
- Pisahkan peta yg digunakan
- Komunikasi antar kapal
- Jangan langsung mundur mesin.
- Survey kerusakan & korban
- Lapor pada kantor pusat

b.Tuliskan cara memancarkan distress alert dan massage jika kapal dalam keadaan bahaya dan sangat membutuhkan bantuan segera
Jawab
-Mayday mayday mayday
-this is
-ship name 3x
-call sign
-position
-kind of distress
-kind of help
-other information











3.a.Tindakan apa yg segera dilakukan jika kapal anda terjadi kebakaran/ledakan
Jawab
-Bunyikan general alarm
-panggil nakhoda bila belum ada dianjungan
Dan beritahukan kamar mesin
-kumpulkan abk di muster station
-lakukan briefing
-periksa apakah ada crew yg hilang atau luka2
-laksanakan pemadaman sesuai dgn jenis kebakaran yg terjadi

b.Sebutkan 10 macam isyarat bahaya
 yg ada dikapal sesuai dgn aturan in ternasional
Jawab
-Isyarat telephone
-Isyarat telegrafi
-Isyarat bendera
-Isyarat bendera tangan
-Isyarat asap
-Isyarat morse
-Isyarat cermin
-Isyarat lampu
-Isyarat cahaya
-Isyarat bunyi

4.a.kapal anda akan menolong kapal lain yg memerlukan pertolongan, persiapan2 apa saja yg harus anda lakukan diatas kapal
Jawab
- Siapkan  mesin utk manuver
-catat posisi kapal yg akan ditolong
-bila memungkinkan bergerak keposisi tsb dan beritahukan kekapal/station terdekat mengenai keadaan tsb
-lakukan komunikasi dgn kapal yg akan ditolong
-catat bahaya dan jenis pertolongan yg akan dibutuhakan

b.Sebutkan tindakan2 yg harus anda lakukan bila anda mendekati dan berada didaerah datum dari kapal yg mengalami musibah
Jawab
-perhatikan jarak yg seaman mungkin dan dekati kapal tsb dgn kecepatan cukup kendali
-selalu adakan komunikasi dgn kapal yg dalam keadaan bahaya tsb
-adakan pengamatan terus menerus

5.a.Dalam emergency procedure ada beberapa alarm signal yg harus dibunyikan yaitu :
Jawab
1.Fire And Emergency Station
Satu suling panjang disusul 1(satu) suling pendek berturut2 3(tiga) kali
2. Secure from Fire and Emergency Station
1(satu) suling panjang
3. Abandon ship station
7(tujuh) suling pendek disusul 1(satu) suling panjang


4. For Lifeboat
7(tujuh) suling pendek disusul 1(satu) suling panjang
5.MOB
3(tiga) suling panjang

b.Jelaskan dengan singkat isi dari Chapter V regulation 10 solas 74 tentang tanggung jawab nakhoda
Jawab
The master should be constrained by the ship owner, charterer or any other person from taking decision which in the professional judgement of the master is necessary for safe navigation in particular in several weather and heavy seas. 


naskah 2
1a. tindakan2 preventif apakah yg hrs dilakukan untuk mencegah terjadinya keadaan darurat di kpl?
Jwb:
-meberikan penjelasan ttg keadaan darurat
- melakukan latihan / drill secara teratur
-familirization alat2 keselamatan di kpl
- mematuhi semua peraturan2 yg berlaku diatas kpl

b. Sebutkan beberapa keadaan yg dpt menimbulkan keadaan darurat di kpl tanker!
Jwb:
-  Peralatan kpl tidak laik.
- Awak kpl lalai & tdk disiplin dlm menjalankan tugas & kewajibannya
-   Awak kpl kurang familiar
-   Keadaan cuaca yg buruk
-  Awak kapal tidak fit.( sehat ).
-  Adanya kerusakan konstruksi kapal
- Minyak tumpah (oil pollution)

c. sebutkan pertimbangan2 seorang nakhoda untuk melakukkan ABANDON SHIP
jwb:
*Pertimbangan hukum
- Tugas Nakhoda pd pasal 342, 343, 345 KUHD
- Setelah berusaha semaksimal mungkin menanggulangi bahaya tapi tdk berhasil
- Setelah mengirimkan distress signal & distress message
* Kpl tdk lagi mungkin ditinggali oleh ABK dan penumpang.mis. kapal akan tenggelam, meledak.

d. apakah yg dimaksud dgn SHIP BOARD EMERGENCY CONTINGENCY PLAN
jwb:
Contingency plan adalah suatu rencana yg terorganisir diatas kapal utk menanggulangi keadaan darurat baik latihan2, maupun actual.
 -
2a. Faktor2 apakah yg menyebabkan pencarian tdk berhasil?
Jwb:
- Keadaan cuaca.
- Informasi tidak jelas.
- Alat2 pertolongan kurang canggih.
- SDM tidak terlatih.
- Stabilitas kapal menurun
-
b. Apakah tujuan diadakannya latihan darurat di kpl
jwb:
- supaya crew tdk terlalu panik & bisa mengontrol emosional saat darurat.
- supaya crew familiar cara2 penanggulangan  dari setiap keadaan darurat yg akn terjadi.
- Supaya Trampil./ familiar dgn semua alat2 keselamatan.
- Memperkecil resiko kecelakaan.
- Supaya crew dapat mengatasi keadaan darurat yg timbul sewaktu-waktu.






c. Sebutkan penyebab terjadinya keadaan darurat di kapal.
jwb:
- SDM  tidak trampil / familiar .
- Alat2 navigasi tidak bekerja dgn baik.
- Cuaca buruk.

3a. apakah yg dimaksud dgn : SAR,RCC,CSS,CES &CRS  
Jawab. *
- SAR ( Search and Rescue ) : Pencarian dan pertolongan pada suatu musibah kecelakaan.
- RCC.(Rescue coordination center ) : Suatu unit yg bertanggung jawab utk meningkatkan efisien pelayanan SAR & utk meng-koordinasikan penilaian operasi SAR di dlm satu regional
- CSS ( Coordinator surface search) adlah
   mengorganisasikan dan mengkomunikasikan secara internal SAR oleh kpl2 dagang.
- CES ( Coast Earth Station ) adalah station pantai yang menerima berita bahaya.
- CRS (Coast Radio Station ) adalah Station radio pantai yang mengirimkan berita ke rescue ship menggunakan VHF.

b.Jelaskan methode pola pencarian orang jatuh dilaut yg paling effisien digunakan
Jawab :
- Bila korban diketahui dan laut tenang  gunakan methode turning circle.
- Bila korban tdk diketahui kpn jatuhnya maka gunakan methode William turn atau scharnow turn.

c. Sebutkan macam2 pola pencarian dan jelaskan dgn singkat
Jawab
- Turning circle : lingkaran putar.
   Kapal berputar 3600 dan langsung ke posisi korban .
- Ellips trical turn : Cikar kiri 2 surat dibelakang arah melintang kemudi cikar kanan sampai  dari haluan semula korban diposisi lambung kiri kapal
-   William turn : cikar kanan apabila haluan sampai 60 – 70 derajat dr haluan semula cikar  kiri , hingga kapal berlawanan dgn haluan semula, kapal bergerak dgn kecepatan yg disesuaikan sesuai yg dibutuhkan, korban sudah ada dihaluan .
- Scharnow turn : Mis. Haluan utara, kalau orng jatuh kelaut sisi kanan. Kemudi cikar kanan. Setelah haluan berobah 2400 dr haluan semula, cikar kiri. Pada saat kpl berhenti berputar dan kpl mulai berputar kekiri umpamanya 270 artinnya overshoot angle 300 , bila haluan kebalikan 1800 + 300 = 2100 ,kanan cikar saat kpl stop bergerak lalu melakukan olh gerak untuk menolong korban.








d. Bagaimana cara penentuan OSC dan apakah tanggung jawabnya?
Jawab:
- Kapal yg pertama2 tiba dilokasi kecelakaan.
-Tanggung jawabnya adalah:menkordinasi kegiatan ditempat kejadian dan melapor pada MRCCL(maritime rescue coordinating centre) tindakan2 yg telah dilaksanakan dan juga:
*kondisi kpl yg mengalami kecelakaan
        *posisi kapal
        *jenis kecelakaan yg dialami
        *keadaan crew
        *keadaan cuaca ditempat kejadian
*jenis pertolongan yang dibutuhkan
   
4 a. Syarat2 apakah yg hrs dipenuhi agar alat penyelamat di kpl dikatakan siap/siaga digunakan sesuai SOLAS 1974
jwb:
- peralatan dlm keadaan valid (masih berlaku)
- hrs dlm keadaan kondisi yg baik/siap  pakai
-  semua alat2  penyelamat di kpl hrs di survey secara berkala dan bersertifikat
-   jumlah dan jenis peralatan keselamatan sesuai dgn ketentuan solas 1974
- adanya record peralatan juga perawatannya

b. Sebutkan dua organisasi dlm coordination of search and rescue operation
jwb :
- SAR coordination sbg management
- SAR mission coordination sbg mission planning
- on scene coordination sbg operational over sight

c. hal2 apakah yg hrs di perhatikan dlm waktu akan mengkandaskan kpl.
Jwb:
- keadaan dasar laut (bukan karang)
- keadaan cuaca
- lokasi/tpt daerah yg tdk menghalangi lalu lintas pelayaran.


No comments:

Post a Comment