naskah 1
1.a.dalam mengatasi keadaan darurat harus
dibentuk suatu pola penanggulangan keadaan darurat, apa saja manfaat dgn pola
tsb
Jawab
-Agar awak kapal dpt mengerti dan memahami
tugas2 dan kewajibannya sesuai dgn muster list dlm menghadapi keadaan darurat
-Melatih reaksi dan kesigapan ABK dlm
menghadipi keadaan darurat
-Melatih ketrampilan pribadi maupun ABK dlm
menghadapi keadaan darurat
-Melaksanakan salah satu ketentuan yg
terdapat dlm peraturan pelayaran internasional (solas 74)
-Penggantian sarana2 dan alat keselamatan yg
sudah expire.
b.Sebutkan kelompok2 bagian
dari organisasi keadaan darurat diatas kapal dan jelaskan tugas2 dari masing2
kelompok tsb
jawab
Biasanya tergantung dari jumlah crew,misalnya
18 orang maka dibagi atas 3(tiga) kelompok,Kelompok A,B dan C.
Kelompok I waktu latihan sekoci terdiri dari
: A.Membuka lashing sekoci
B.Memasang sumbat sekoci
C.Mengangkat handle brake utk
menurunkan sekoci
2.a. Uraikan dan jelaskan apa yg segera dilakukan jika kapal anda tabrakan
Jawab
-Stop mesin
-Bunyikan emergency general alarm
- Lapor master, c/e, kamar mesin,
- Ambil posisi, & waktu catat di log book
- Pisahkan peta yg
digunakan
- Komunikasi antar
kapal
- Jangan langsung mundur mesin.
- Survey kerusakan & korban
- Lapor pada kantor pusat
b.Tuliskan
cara memancarkan distress alert dan massage jika kapal dalam keadaan bahaya dan
sangat membutuhkan bantuan segera
Jawab
-Mayday mayday mayday
-this is
-ship name 3x
-call sign
-position
-kind of distress
-kind of help
-other information
3.a.Tindakan apa yg segera dilakukan jika kapal anda terjadi
kebakaran/ledakan
Jawab
-Bunyikan general
alarm
-panggil nakhoda
bila belum ada dianjungan
Dan beritahukan
kamar mesin
-kumpulkan abk di
muster station
-lakukan briefing
-periksa apakah
ada crew yg hilang atau luka2
-laksanakan
pemadaman sesuai dgn jenis kebakaran yg terjadi
b.Sebutkan 10 macam isyarat
bahaya
yg ada dikapal sesuai dgn aturan in
ternasional
Jawab
-Isyarat telephone
-Isyarat telegrafi
-Isyarat bendera
-Isyarat bendera tangan
-Isyarat asap
-Isyarat morse
-Isyarat cermin
-Isyarat lampu
-Isyarat cahaya
-Isyarat bunyi
4.a.kapal anda akan menolong kapal lain yg
memerlukan pertolongan, persiapan2 apa saja yg harus anda lakukan diatas kapal
Jawab
- Siapkan mesin utk manuver
-catat posisi
kapal yg akan ditolong
-bila memungkinkan
bergerak keposisi tsb dan beritahukan kekapal/station terdekat mengenai keadaan
tsb
-lakukan
komunikasi dgn kapal yg akan ditolong
-catat bahaya dan
jenis pertolongan yg akan dibutuhakan
b.Sebutkan tindakan2 yg harus anda lakukan bila anda mendekati dan berada
didaerah datum dari kapal yg mengalami musibah
Jawab
-perhatikan jarak
yg seaman mungkin dan dekati kapal tsb dgn kecepatan cukup kendali
-selalu adakan
komunikasi dgn kapal yg dalam keadaan bahaya tsb
-adakan pengamatan
terus menerus
5.a.Dalam emergency procedure
ada beberapa alarm signal yg harus dibunyikan yaitu :
Jawab
1.Fire
And Emergency Station
Satu suling panjang disusul 1(satu) suling
pendek berturut2 3(tiga) kali
2.
Secure from Fire and Emergency Station
1(satu) suling panjang
3.
Abandon ship station
7(tujuh) suling pendek disusul 1(satu) suling
panjang
4. For
Lifeboat
7(tujuh) suling pendek disusul 1(satu) suling
panjang
5.MOB
3(tiga) suling panjang
b.Jelaskan dengan singkat isi dari Chapter V
regulation 10 solas 74 tentang tanggung jawab nakhoda
Jawab
The master should be constrained by the ship
owner, charterer or any other person from taking decision which in the
professional judgement of the master is necessary for safe navigation in
particular in several weather and heavy seas.
naskah 2
1a. tindakan2
preventif apakah yg hrs dilakukan untuk mencegah terjadinya keadaan darurat di
kpl?
Jwb:
-meberikan penjelasan ttg keadaan darurat
- melakukan latihan / drill secara teratur
-familirization
alat2 keselamatan di kpl
- mematuhi semua
peraturan2 yg berlaku diatas kpl
b. Sebutkan beberapa keadaan yg dpt menimbulkan
keadaan darurat di kpl tanker!
Jwb:
- Peralatan kpl tidak laik.
- Awak kpl lalai & tdk disiplin dlm
menjalankan tugas & kewajibannya
- Awak kpl kurang familiar
- Keadaan cuaca yg buruk
- Awak kapal tidak fit.( sehat ).
- Adanya kerusakan konstruksi kapal
- Minyak tumpah (oil
pollution)
c. sebutkan pertimbangan2 seorang nakhoda untuk
melakukkan ABANDON SHIP
jwb:
*Pertimbangan hukum
- Tugas Nakhoda pd pasal 342, 343, 345 KUHD
- Setelah berusaha semaksimal mungkin menanggulangi
bahaya tapi tdk berhasil
- Setelah mengirimkan distress signal & distress
message
* Kpl tdk lagi mungkin
ditinggali oleh ABK dan penumpang.mis. kapal akan tenggelam, meledak.
d. apakah yg dimaksud dgn
SHIP BOARD EMERGENCY CONTINGENCY PLAN
jwb:
Contingency plan adalah suatu rencana yg terorganisir diatas kapal utk menanggulangi
keadaan darurat baik latihan2, maupun actual.
-
2a. Faktor2 apakah yg
menyebabkan pencarian tdk berhasil?
Jwb:
- Keadaan cuaca.
- Informasi tidak
jelas.
- Alat2 pertolongan
kurang canggih.
- SDM tidak
terlatih.
- Stabilitas kapal
menurun
-
b. Apakah tujuan diadakannya
latihan darurat di kpl
jwb:
- supaya crew tdk
terlalu panik & bisa mengontrol emosional saat darurat.
- supaya crew
familiar cara2 penanggulangan dari
setiap keadaan darurat yg akn terjadi.
- Supaya Trampil./
familiar dgn semua alat2 keselamatan.
- Memperkecil
resiko kecelakaan.
- Supaya crew dapat
mengatasi keadaan darurat yg timbul sewaktu-waktu.
c. Sebutkan penyebab
terjadinya keadaan darurat di kapal.
jwb:
- SDM tidak trampil / familiar .
- Alat2 navigasi tidak bekerja dgn baik.
- Cuaca buruk.
3a. apakah yg dimaksud dgn :
SAR,RCC,CSS,CES &CRS
Jawab. *
- SAR ( Search
and Rescue ) : Pencarian dan pertolongan pada suatu musibah kecelakaan.
-
RCC.(Rescue
coordination center ) : Suatu unit yg bertanggung jawab utk meningkatkan
efisien pelayanan SAR
& utk
meng-koordinasikan penilaian operasi SAR di dlm satu regional
- CSS ( Coordinator
surface search) adlah
mengorganisasikan
dan mengkomunikasikan secara internal SAR oleh kpl2 dagang.
- CES (
Coast Earth Station ) adalah station pantai yang menerima berita bahaya.
- CRS (Coast
Radio Station ) adalah Station radio pantai yang mengirimkan berita ke rescue
ship menggunakan VHF.
b.Jelaskan methode pola pencarian orang jatuh dilaut yg
paling effisien digunakan
Jawab :
- Bila korban diketahui dan laut tenang
gunakan methode turning circle.
- Bila
korban tdk diketahui kpn jatuhnya maka gunakan methode William turn atau
scharnow turn.
c. Sebutkan macam2 pola pencarian dan
jelaskan dgn singkat
Jawab
- Turning circle : lingkaran putar.
Kapal berputar 3600 dan langsung ke
posisi korban .
- Ellips trical turn : Cikar kiri 2 surat dibelakang
arah melintang kemudi cikar kanan sampai
dari haluan semula korban diposisi lambung kiri kapal
- William turn : cikar kanan apabila haluan sampai 60 – 70 derajat dr
haluan semula cikar kiri , hingga kapal
berlawanan dgn haluan semula, kapal bergerak dgn kecepatan yg disesuaikan
sesuai yg dibutuhkan, korban sudah ada dihaluan .
- Scharnow turn : Mis.
Haluan utara, kalau orng jatuh kelaut sisi kanan. Kemudi cikar kanan. Setelah haluan berobah 2400
dr haluan semula, cikar kiri. Pada saat kpl berhenti berputar dan kpl mulai
berputar kekiri umpamanya 270 artinnya overshoot angle 300 , bila
haluan kebalikan 1800 + 300 = 2100 ,kanan
cikar saat kpl stop bergerak lalu melakukan olh gerak untuk menolong korban.
d. Bagaimana
cara penentuan OSC dan apakah tanggung jawabnya?
Jawab:
- Kapal yg pertama2 tiba
dilokasi kecelakaan.
-Tanggung jawabnya adalah:menkordinasi
kegiatan ditempat kejadian dan melapor pada MRCCL(maritime rescue coordinating
centre) tindakan2 yg telah dilaksanakan dan juga:
*kondisi kpl yg mengalami kecelakaan
*posisi kapal
*jenis kecelakaan yg dialami
*keadaan crew
*keadaan cuaca ditempat kejadian
*jenis
pertolongan yang dibutuhkan
4 a. Syarat2
apakah yg hrs dipenuhi agar alat penyelamat di kpl dikatakan siap/siaga digunakan
sesuai SOLAS 1974
jwb:
-
peralatan dlm keadaan valid (masih berlaku)
- hrs
dlm keadaan kondisi yg baik/siap pakai
- semua alat2
penyelamat di kpl hrs di survey secara berkala dan bersertifikat
- jumlah dan jenis peralatan keselamatan sesuai
dgn ketentuan solas 1974
- adanya record peralatan juga perawatannya
b. Sebutkan
dua organisasi dlm coordination of search and rescue operation
jwb :
- SAR coordination sbg management
- SAR mission coordination sbg mission planning
- on scene coordination sbg operational over sight
c. hal2 apakah yg hrs di perhatikan dlm
waktu akan mengkandaskan kpl.
Jwb:
-
keadaan dasar laut (bukan karang)
-
keadaan cuaca
- lokasi/tpt daerah yg
tdk menghalangi lalu lintas pelayaran.
No comments:
Post a Comment