Dinas jaga nas.2.
1.Dalam STCW code
mengenai asas pokok tentang navigasi
a. jelaskan Mengenai asas ttg navigasi
jwb:
1. Membuat
rancangan pelayaran,dimana grs haluan di teliti sblm perjalanan di mulai.
2. selama jaga
laut check haluan,posisi,kec. Kpl,alat2 navigasi di check secara berkala untk
meyakinkan kpl berlayar sesuai haluan yg di tetapkan.
3. mualim jaga
paham benar lokasi dan pengunaan semua peralatan navigasi
4. mualim jaga tdk
di bebani tgs lain yg mengganggu keselamatan navigasi kpl.
B. Jelaskan
mengenai asas tentang peralatan navigasi.
1. perwira jaga
harus menggunakan alat2 navigasi secara efektif mungkin sesuai dgn kebutuhannya
2 apabila
menggunakan radar pwa jaga hrs perlu mengingat aturan penggunaan radar sesuai
dgn p2tl.
3. pwa jaga tdk perlu ragu2 untuk
menggunakan mesin dan isyarat bunyi jika
memerlukannya.
C. jelaskan
mengenai asas ttg pencegahan pencemaran lingkungan laut
jwb:
-nakhoda dan pwa
jaga hrs memperhatikan secara serius dampak dari polusi terhadap lingkungan
laut dan melakukan pencegahan.khusussnya dlm kerangka memenuhi aturan2 yg
berlaku.
2. Apa saja yg hrs
dilakukan PWA jaga, khususnya dlm hub. Dgn.
a. a.Pencegahan Bahaya
Kandas
Jawab :
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go
area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan
tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2
navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah
setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal
lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris
atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu
lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup
besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain
dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.
c. Apakah yg
termasuk dlm keadaan khusus.
1.Navigasi dlm
jarak pandang terbatas
maksudnya
: navigasi didalam cuaca menghalangi jarak pandang sampai 3 mil atau kurang
.
2.Navigasi
didalam cuaca buruk
maksudnya
: navigasi dg keadaan laut da cuaca berkekuatan angin lebih dari skala beaufort
6 da tinggi ombak lebih dari 5 meter.
3.Navigasi didalam alur pelayaran sempit, perairan yg
ramai dan “traffic separation schemes.
maksudnya
: navigasi di daerah laut atau pelabuhan dimana terdapat keadaan yg dimaksud diatas.
3.
a.Jelaskan mengapa setiap kpl hrs menyimpangi atau menjauhi kpl induk yg sedang
melunjurkan atau mendaratkan pesawat terbangnya ?.
jawab !
b.
Tanda yg hrs dipasang pd siang hari oleh kpl induk tsb adalah
-
c.
Mengapa kapal2 hrs menjauhi semua kpl penyapu ranjau yg sedang bertugas ? 2
alasan.
-
Bahwa adalah berbahaya bagi kpl kpl lain untuk mendekatinya dlm jarak kurang dr
1.000 mtr di belakangnya atau 500 mtr pd tiap sisi kpl penyapu ranjau itu.
-
Karena kerjanya kpl tsb menjadi terbatas kemampuan Ognya dan tdk dpt
menyimpangi kpl lain sesui dgn aturan yg ada utk menghindari tubrukan.
4.
RADAR PLOTING
5. .BRIDGE TEAM MANAGEMENT
a. Jelaskan
mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab
:
1. Untuk
meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta
benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan
total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan
laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk
didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt
dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung
pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai
peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
- Prosedure : Segala sesuatunya harus ada
tata caranya.
No comments:
Post a Comment