Thursday, 13 August 2015

dinas jaga naskah 2

Dinas jaga nas.2.

1.Dalam STCW code mengenai asas pokok tentang navigasi

a. jelaskan  Mengenai asas ttg navigasi
    jwb:
   1. Membuat rancangan pelayaran,dimana grs haluan di teliti sblm perjalanan di mulai.
   2. selama jaga laut check haluan,posisi,kec. Kpl,alat2 navigasi di check secara berkala untk meyakinkan kpl berlayar sesuai haluan yg di          tetapkan.
   3. mualim jaga paham benar lokasi dan pengunaan semua peralatan navigasi
   4. mualim jaga tdk di bebani tgs lain yg mengganggu keselamatan navigasi kpl.

B. Jelaskan mengenai asas tentang peralatan navigasi.
  1. perwira jaga harus menggunakan alat2 navigasi secara efektif mungkin sesuai dgn kebutuhannya
  2 apabila menggunakan radar pwa jaga hrs perlu mengingat aturan penggunaan radar sesuai dgn p2tl.
  3.  pwa jaga tdk perlu ragu2 untuk menggunakan  mesin dan isyarat bunyi jika memerlukannya. 
 
C. jelaskan mengenai asas ttg pencegahan pencemaran lingkungan laut
  jwb:

   -nakhoda dan pwa jaga hrs memperhatikan secara serius dampak dari polusi terhadap lingkungan laut dan melakukan                                 pencegahan.khusussnya dlm kerangka memenuhi aturan2 yg berlaku.


2. Apa saja yg hrs dilakukan PWA jaga, khususnya dlm hub. Dgn.
  a. a.Pencegahan Bahaya Kandas
 Jawab :
  - Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
  - Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
  - Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
  - Peta yg digunakan harus up to date,
  - Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.

b. Pencegahan bahaya tubrukan.
  - Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
  - Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
 - Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung             kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
  - Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.

c. Apakah yg termasuk dlm keadaan khusus.

1.Navigasi dlm jarak pandang terbatas
   maksudnya : navigasi didalam cuaca menghalangi jarak pandang sampai 3 mil atau kurang
.
2.Navigasi didalam cuaca buruk
   maksudnya : navigasi dg keadaan laut da cuaca berkekuatan angin lebih dari skala beaufort 6 da tinggi ombak lebih dari 5 meter.

3.Navigasi didalam alur pelayaran sempit, perairan yg ramai dan “traffic separation schemes.
   maksudnya : navigasi di daerah laut atau pelabuhan dimana terdapat keadaan yg dimaksud diatas.

3. a.Jelaskan mengapa setiap kpl hrs menyimpangi atau menjauhi kpl induk yg sedang melunjurkan atau mendaratkan pesawat                        terbangnya ?.
    jawab   !


    b. Tanda yg hrs dipasang pd siang hari oleh kpl induk tsb adalah 
-

   c. Mengapa kapal2 hrs menjauhi semua kpl penyapu ranjau yg sedang bertugas ? 2 alasan.

     - Bahwa adalah berbahaya bagi kpl kpl lain untuk mendekatinya dlm jarak kurang dr 1.000 mtr di belakangnya atau 500 mtr pd tiap sisi         kpl penyapu ranjau itu.

     - Karena kerjanya kpl tsb menjadi terbatas kemampuan Ognya dan tdk dpt menyimpangi kpl lain sesui dgn aturan yg ada utk                         menghindari tubrukan.

4. RADAR PLOTING


5. .BRIDGE TEAM MANAGEMENT
  a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
     Jawab :
    1. Untuk meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
    2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
    3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
    4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
    Jawab :
   - Pimpinan sebagai pemberi semangat,
   - Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
  - Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila                    peralatan rusak segera diganti,
   - SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
  - Prosedure : Segala sesuatunya harus ada tata caranya.









No comments:

Post a Comment