DINAS JAGA NASKAH 1
I. P2TL :
a. Bilamanakah atr.19. didlm P2TL itu
diberlakukan ?
- Berlaku bagi semua kpl yg tidak saling
melihat satu sama lain (dlm daerah tampak terbatas)
b. Tindakan2 apa yg dpt dilakukan agar dpt
berlayar dgn aman dlm memberlakukan atr.19 P2TL ?
- Bergerak dgn
kecepatan aman.
- Lakukan
pengamatan keliling.
Deteksi kpl2 sekeliling dgn radar.
- Standby engine
- Hidupkan lampu2 navigasi
- Harus membunyikan isy. Kabut sesuai atr.
35.
c. Jelaskan perbedaan kec.Aman seperti yg
diatur dlm aturan 6 dgn atr.19 P2TL itu !
- Menurut atr.6
Sehubungan kecepatan aman berlaku atr.5, 7, 8
, mengenai pengamatan, resiko tubrukan, tindakan utk menghindari tubrukan.
- Menurut atr.19.
Menitik beratkan
utk memperhitungkan keadaan dlm penglihatan tampak terbatas.
II. radar plotting :
III.JAGA LAUT
Jelaskan apa saja yg harus dilakukan oleh
perwira jaga,khususnya dalam hubungan dengan :
a.Pencegahan Bahaya Kandas
Jawab :
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go
area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan
tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2
navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah
setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal
lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris
atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu
lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup
besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain
dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.
IV.PENCEGAHAN PENCEMARAN
a. Lukislah dampak dari kerusakan lingkungan
yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
Jawab
:
- Kerusakan pada
Biodata laut,
- Kerusakan pada
terumbu karang/pantai,
- Tumpahan minyak
tersebut,sangat sulit utk dinetralisir dan membutuhkan waktu lama dan biaya
tinggi,
- Efek tumpahan
minyak terhadap manusia dengan adanya kontak fisik/penghirupan uap
minyak,terkomsumsinya sea food yg tercemar.
b. Jelaskan
tindakan2 apa saja yg secara operasional dpt dilakukan oleh pihak kapal utk
meminimalisasikan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut serta berikan
keterangan2 secukupnya.
Jawab :
- Tidak membuang minyak didalam Special Area
seperti Laut mediteranean,Laut Baltic,Laut hitam,Laut Merah,
- Lokasi pembuangan lebih dari 50 mil laut
dari daratan,
- Pembuangan dilakukan waktu kapal berlayar,
- Tidak membuang lebih dari 30 ltr/mil,
- Tidak membuang lebih besar dari 1:30.000
dari jumlah muatan,
- Tanker harus dilengkapi dgn oil discharge
monitoring (odm) dgn control systemnya,
- Sisa2 dari campuran minyak diatas kapal
dari kamar mesin harus dikumpulkan ditanki slop tanks,kemudian dibuang ke tanki darat.Peralatan ini berlaku utk kapal ukuran 400 GRT keatas. OI
V.BRIDGE TEAM MANAGEMENT
a. Jelaskan
mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab
:
1. Untuk
meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta
benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan
total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan
laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk
didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt
dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung
pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai
peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
- Prosedure : Segala sesuatunya harus ada
tata caranya.
No comments:
Post a Comment