Friday, 14 August 2015

Permesinan kapal naskah 1

C           PERMESINAN KPL
1.Pada kecepatan 15 knots , bahan bakar yang tersedia diatas kapal hanya cukup untuk menempuh jarak 1050 mil lagi .Padahal jarak yang sebenarnya masih harus ditempuh 1400 mil lagi.
Ditanya :
a)        Pada kecepatan berapa kapal harus berlayar agar sampai ditujuan dengan bahan bakar cukup.
b)       Bila pada kecepatan 15 knots pemakaian bahan bakarnya 1 ton per jam. Harap dihitung pemakaian bahan bakar perjam pada kecepatan yang baru sekarang.

JAWAB :
S1 =1400 MIL
S2 = 1050 MIL
V2 = 15 Knot
V1 = ?
Q = cukup untuk 1050 pada V2 = 15 knots
Q = harus cukup untuk 1400 mil pada V1 = ?
Q1 harus = Q2
a)
Jawab :
    S2  :  S1    =   V1²   :   V2²
    1400  :  1050  =  15²  :   V2²
    V2²  =  236 X 250
                    1400
     V2² = 168,75
     V2  = 12,99 Knots
B ) Kecepatan 15 knots pemakaian BB 1 tons / jam = 24 ton / day
24      :  B2  =  15²  :  13²
    24 =   225
B2        169
B2   =  4056
             225
       =   18,02 Tons
   Jadi pemakaian BB pada kecepatan 13 knot = 18,02 tons

  2Sebutkan keuntungan dan kerugian mesin kemudi listrik terhadap mesin kemudi electric hydroulik
Keuntungan :
-          sistim lebih sederhana (peralatan sedikit)
-          harga beli lebih murah
-          perawatan sederhana.
-          Biaya perawatan relatif kecil
-          Waktu perawatan relatif cepat.
Kerugian :
-          instalasi listrik harus selalu kering terutama kemudi tidak digunakan utk mencegah short circuit (hubungan pendek arus listrik) karena menimbulkan bahaya kebakaran.
               Perawatan listrik memerlukan keahlian      
               tersendiri.






3 a ) Thermostatic Expansion Valve
         Untuk mengatur jumlah cairan freon yg
          Masuk ke pipa evaporator sesuai 
          penurunan suhu diruang dan pipa
          evaporator.
    b ) Selenoid Valve
          Untuk menyetop aliran bahan pendingin –
          Bila suhu refregerating space  mencapai
          Batas terendah dan membuka bila suhu
          Refrigerating  space mencapai batas ter
          Tinggi.
4.sistim blower.
    a)bila RH udara luar lebih tinggi daripada RH
        udara dalam palka maka tidak ada gunanya  
         udara luar di isap jadi hubungan dengan
         udara luarpada blower tekan ataupada blo
         wer hisap lebih baaik ditutup saja. Selanjut
         nya sirkulasi udara dapat dilakulan dengan
         udara palka saja,karena RH udara luar
        tinggi,maka tutup saja penutup2 “A” lalu
        jalankan blower Bmenghisap udara ke
       palka A yang kemudian ditekan lagi kepalka
       B,selanjutnya blower Cudara tadi dihisap di
        Hembuskan lagi D sehingga seolah olah
        Bersirkulasi/berjalan dari belajang ke depan
        Kapal,jika dilengkapi dengan pengering
        Udara maka blower B menghisap juga
        Udara kering,sehingga penutup D perlu
        dibuka
                  


 
b)Bila RH udara luar lebih rendah dari udara
    palka maka udara luar dihisap lalu ditekan
    kedalam palka,dan sebaliknya blower isap
    akan mengisap udara palka kemudian dibuang
    keluar ,sehingga terjadi aliran udara dari
    belakang ke depan,blowerB menghisap udara
    a kemudian ditekan kepalka 2(B) lalu diisap
    c oleh blowerC dan dikeluarkan keluar kapal
    jadi D ditutup,Autk hubungan dgn udara luar
    dubuka ,sedangkan utk hubungan dengan

    palka ditutup             

                              1). Pada kecepatan 16 kts pemakaian BB 30 ton per hari. BB yang tersedia masih 190 ton. Kpl ingin sampai dipelabuhan tujuan 8 jam lebih cepat agar sampai pada siang hari. Jarak yang masih harus ditempuh : 230 mil.
a.Berapa kecepatan kapal harus diatur agar jumlah BB yg dipakai selama dlm perjalanan tdk berubah walaupun igin sampai lebih cepat yang tersedia sudah habis.
b.Harap dihitung apakah benar bahan bakar tersebut masih cukup.
Jawab :
Dik:  - Speed   16 knots
         - Daily comsumption  30 ton perhari
         - R.O.B   190 ton
         - Distance to go  230 Mil
         - Kapal ingin tiba  8 jam lebih awal
a.)    230  Mil   =  14,375  jam
        16 Knots
         14,375 jam   -  8 Jam  =  6,375  jam
        kecepatan  sekarang  agar kapal tiba 8 jam lebih awal :
            230  Mil     =  36 Knots
           6,375 jam     

b.)  Pemakaian BB pada kecepatan  16 knots
     
230  mil   x   30  = 14,375  x  1.25
16  knot        24   = 17,968  ton

Kalau pemakaian bahan bakar pada kecepatan 36 knots adalah B2  Maka :
-          17,968  :  B2 =  16²  : 36²

17,968  :  B2 =  256  :  1296

        B2 =  23286,528
                                256
                      =  90,963  ton
Jadi bahan bakar yang tersisa  dengan kecepatan 36 knots adalah :
              190 ton  -  90,963  ton =  99,037 ton

2) uraikan perbedaan utama dan jelaskan keuntungan dan kerugian mesin kemudi electro hydraulic type 4 ram dibandingkan type 2 ram.
Jawab:
Keuntungan :
-          Sistem lebih sederhana (peralatan sedikit)
-          Harga lebih murah
-          Perawatan sederhana
-          Biaya perawatan relative kecil
-          Waktu perawatan relative cepat

Kerugian :
-Instalasi listrik hrs selalu kering terutama saat kemudi tdk digunakan,utk mencegah short circuit (hubungan pendek arus listrik) krn bisa menimbulkan bahaya kebakaran.
-Perawatan listrik memerlukan keahlian tersendiri
3)Bila kapal mengangkut rifer container apa yg hrs dilaksanakan dan diusahakan oleh crew (ABK) sehubungan dgn tanggung jawabnya agar muatan beku tdk rusak.
Jawab:
1.Mesin Container hrs dijalankan paling lambat 30 mnt setelah dimuat diatas kpl dan bahwa monitoring di laksanakan sesuai dgn ketentuan2 monitoring harian yg berlaku sbb:
a.Jalannya grafik pd peta hrs di periksa dan temperature yg tercatat hrs dicantumkan di dlm lembaran LOG.
b.Lamou penunjukan operasi dr unit hrs diperiksa utk meyakinkan bahwa lampu yg sedang menyala pd waktu diperiksa menyatakan keadaan operasi dr unit2 dan temperature yg tercatat pd peta.
c.Diperiksa agar aliran dingin,Driyer dan tingginya minyak compressor cukup.
d.Monitoring muatan tdk kurang dari 2 kali sehari dgn selang waktu tdk kurang dari 8 jam.
2.Catatan hasil monitoring hrs disimpan di kpl selama waktu tdk kurang dr satu tahun dan satu copy hrs di siapkan utk di berikan kepada kepala bagian service yg bersangkutan apabila diminta.
3.Sebelum di bongkar,maka unit ybs hrs dimatikan dan container hrs di periksa sblm pembongkaran
4.Bila container di bongkar dr kapal maka segala keterangan kecurigaan mengenai kerjanya dan pembacaan temperature yg melewati batas ketentuan,hrs disampaikan ke staf pengawasan pd tempat pengawasan berikutnya.

4.Harap dibuat bagan sederhana & terangkan prinsip kerja dari pengering udara palka system absorpsi.
Jawab:
Prinsip kerja :
1.Udara yg mengandung uap air dr palka diisap oleh blower (B) melalui fitter (A)
2.Udara dilewatkan ke pendingin (C) & didingin kan oleh air laut pendingin
3.Udara disalurakan ke (D) dgn silicagel atau oxida aluminium yg diactivier di (D) udara menjadi panas, kemudian
4.Disalurkan ke pendingin (E) dan diteruskan ke berbagai palka2.
                                                                     

No comments:

Post a Comment