C PERMESINAN KPL
1.Pada kecepatan 15 knots , bahan bakar yang
tersedia diatas kapal hanya cukup untuk menempuh jarak 1050 mil lagi .Padahal
jarak yang sebenarnya masih harus ditempuh 1400 mil lagi.
Ditanya :
a)
Pada kecepatan berapa kapal harus berlayar agar sampai ditujuan dengan
bahan bakar cukup.
b) Bila pada kecepatan 15 knots
pemakaian bahan bakarnya 1 ton per jam. Harap dihitung pemakaian bahan bakar
perjam pada kecepatan yang baru sekarang.
JAWAB :
S1 =1400 MIL
S2 = 1050 MIL
V2 = 15 Knot
V1 = ?
Q = cukup untuk 1050 pada V2 = 15 knots
Q = harus cukup untuk 1400 mil pada V1 = ?
Q1 harus = Q2
a)
Jawab :
S2 :
S1 = V1²
: V2²
1400 :
1050 = 15²
: V2²
V2² = 236 X 250
1400
V2² =
168,75
V2 = 12,99 Knots
B ) Kecepatan 15 knots pemakaian BB 1 tons / jam =
24 ton / day
24 : B2
= 15² : 13²
24 = 225
B2 169
B2 = 4056
225
=
18,02 Tons
Jadi
pemakaian BB pada kecepatan 13 knot = 18,02 tons
2Sebutkan keuntungan dan kerugian mesin
kemudi listrik terhadap mesin kemudi electric hydroulik
Keuntungan :
-
sistim lebih sederhana (peralatan sedikit)
-
harga beli lebih murah
-
perawatan sederhana.
-
Biaya perawatan relatif kecil
-
Waktu perawatan relatif cepat.
Kerugian :
-
instalasi listrik harus selalu kering terutama kemudi
tidak digunakan utk mencegah short circuit (hubungan pendek arus listrik)
karena menimbulkan bahaya kebakaran.
Perawatan listrik memerlukan keahlian
tersendiri.
3 a ) Thermostatic Expansion Valve
Untuk
mengatur jumlah cairan freon yg
Masuk ke
pipa evaporator sesuai
penurunan
suhu diruang dan pipa
evaporator.
b ) Selenoid
Valve
Untuk
menyetop aliran bahan pendingin –
Bila suhu
refregerating space mencapai
Batas
terendah dan membuka bila suhu
Refrigerating space mencapai
batas ter
Tinggi.
4.sistim blower.
a)bila RH udara
luar lebih tinggi daripada RH
udara dalam
palka maka tidak ada gunanya
udara luar
di isap jadi hubungan dengan
udara
luarpada blower tekan ataupada blo
wer hisap
lebih baaik ditutup saja. Selanjut
nya
sirkulasi udara dapat dilakulan dengan
udara palka
saja,karena RH udara luar
tinggi,maka
tutup saja penutup2 “A” lalu
jalankan
blower Bmenghisap udara ke
palka A yang
kemudian ditekan lagi kepalka
B,selanjutnya blower Cudara tadi dihisap di
Hembuskan
lagi D sehingga seolah olah
Bersirkulasi/berjalan dari belajang ke depan
Kapal,jika
dilengkapi dengan pengering
Udara maka
blower B menghisap juga
Udara
kering,sehingga penutup D perlu
dibuka
b)Bila RH udara luar lebih rendah dari udara
palka maka
udara luar dihisap lalu ditekan
kedalam
palka,dan sebaliknya blower isap
akan mengisap
udara palka kemudian dibuang
keluar
,sehingga terjadi aliran udara dari
belakang ke
depan,blowerB menghisap udara
a kemudian
ditekan kepalka 2(B) lalu diisap
c oleh blowerC
dan dikeluarkan keluar kapal
jadi D
ditutup,Autk hubungan dgn udara luar
dubuka
,sedangkan utk hubungan dengan
palka
ditutup
1). Pada kecepatan 16 kts pemakaian BB 30 ton per
hari. BB yang tersedia masih 190 ton. Kpl ingin sampai dipelabuhan tujuan 8 jam
lebih cepat agar sampai pada siang hari. Jarak yang masih harus ditempuh : 230
mil.
a.Berapa kecepatan kapal harus diatur agar jumlah BB
yg dipakai selama dlm perjalanan tdk berubah walaupun igin sampai lebih cepat
yang tersedia sudah habis.
b.Harap dihitung apakah benar bahan bakar tersebut
masih cukup.
Jawab
:
Dik: - Speed
16 knots
- Daily comsumption 30 ton perhari
- R.O.B 190 ton
- Distance to go 230 Mil
- Kapal ingin tiba 8 jam lebih awal
a.)
230 Mil =
14,375 jam
16 Knots
14,375 jam - 8
Jam =
6,375 jam
kecepatan sekarang
agar kapal tiba 8 jam lebih awal :
230
Mil = 36
Knots
6,375 jam
b.) Pemakaian BB pada kecepatan 16 knots
230 mil x 30 = 14,375
x 1.25
16 knot
24 = 17,968 ton
Kalau
pemakaian bahan bakar pada kecepatan 36 knots adalah B2 Maka :
-
17,968 : B2
= 16²
: 36²
17,968
: B2 = 256
: 1296
B2 = 23286,528
256
= 90,963
ton
Jadi bahan bakar yang tersisa dengan kecepatan 36 knots adalah :
190 ton -
90,963 ton = 99,037 ton
2) uraikan perbedaan utama dan
jelaskan keuntungan dan kerugian mesin kemudi electro hydraulic type 4 ram
dibandingkan type 2 ram.
Jawab:
Keuntungan
:
-
Sistem lebih
sederhana (peralatan sedikit)
-
Harga lebih murah
-
Perawatan sederhana
-
Biaya perawatan
relative kecil
-
Waktu perawatan
relative cepat
Kerugian
:
-Instalasi listrik hrs selalu kering terutama saat kemudi
tdk digunakan,utk mencegah short circuit (hubungan pendek arus listrik) krn
bisa menimbulkan bahaya kebakaran.
-Perawatan listrik memerlukan keahlian tersendiri
3)Bila
kapal mengangkut rifer container apa yg hrs dilaksanakan dan diusahakan oleh
crew (ABK) sehubungan dgn tanggung jawabnya agar muatan beku tdk rusak.
Jawab:
1.Mesin
Container hrs dijalankan paling lambat 30 mnt setelah dimuat diatas kpl dan
bahwa monitoring di laksanakan sesuai dgn ketentuan2 monitoring harian yg
berlaku sbb:
a.Jalannya
grafik pd peta hrs di periksa dan temperature yg tercatat hrs dicantumkan di
dlm lembaran LOG.
b.Lamou
penunjukan operasi dr unit hrs diperiksa utk meyakinkan bahwa lampu yg sedang
menyala pd waktu diperiksa menyatakan keadaan operasi dr unit2 dan temperature
yg tercatat pd peta.
c.Diperiksa
agar aliran dingin,Driyer dan tingginya minyak compressor cukup.
d.Monitoring
muatan tdk kurang dari 2 kali sehari dgn selang waktu tdk kurang dari 8 jam.
2.Catatan
hasil monitoring hrs disimpan di kpl selama waktu tdk kurang dr satu tahun dan
satu copy hrs di siapkan utk di berikan kepada kepala bagian service yg
bersangkutan apabila diminta.
3.Sebelum di
bongkar,maka unit ybs hrs dimatikan dan container hrs di periksa sblm
pembongkaran
4.Bila
container di bongkar dr kapal maka segala keterangan kecurigaan mengenai
kerjanya dan pembacaan temperature yg melewati batas ketentuan,hrs disampaikan
ke staf pengawasan pd tempat pengawasan berikutnya.
4.Harap dibuat bagan sederhana
& terangkan prinsip kerja dari pengering udara palka system absorpsi.
Jawab:
Prinsip
kerja :
1.Udara
yg mengandung uap air dr palka diisap oleh blower (B) melalui fitter (A)
2.Udara
dilewatkan ke pendingin (C) & didingin kan oleh air laut pendingin
3.Udara
disalurakan ke (D) dgn silicagel atau oxida aluminium yg diactivier di (D)
udara menjadi panas, kemudian
4.Disalurkan
ke pendingin (E) dan diteruskan ke berbagai palka2.
No comments:
Post a Comment