Naskah 4
I.BRIDGE TEAM MANAGEMENT
a. Jelaskan
mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab
:
1. Untuk
meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta
benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan
total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan
laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk
didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt
dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung
pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila
peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai
peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan
II.PENCEGAHAN
PENCEMARAN
a. Lukislah dampak dari kerusakan lingkungan
yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
Jawab
:
- Kerusakan pada
Biodata laut,
- Kerusakan pada
terumbu karang/pantai,
- Tumpahan minyak
tersebut,sangat sulit utk dinetralisir dan membutuhkan waktu lama dan biaya
tinggi,
- Efek tumpahan
minyak terhadap manusia dengan adanya kontak fisik/penghirupan uap
minyak,terkomsumsinya sea food yg tercemar.
b. Jelaskan
tindakan2 apa saja yg secara operasional dpt dilakukan oleh pihak kapal utk
meminimalisasikan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut serta berikan
keterangan2 secukupnya.
Jawab :
- Tidak membuang minyak didalam Special Area
seperti Laut mediteranean,Laut Baltic,Laut hitam,Laut Merah,
- Lokasi pembuangan lebih dari 50 mil laut
dari daratan,
- Pembuangan dilakukan waktu kapal berlayar,
- Tidak membuang lebih dari 30 ltr/mil,
- Tidak membuang lebih besar dari 1:30.000
dari jumlah muatan,
- Tanker harus dilengkapi dgn oil discharge
monitoring (odm) dgn control systemnya,
- Sisa2 dari campuran minyak diatas kapal
dari kamar mesin harus dikumpulkan ditanki slop tanks,kemudian dibuang ke tanki
darat.Peralatan ini berlaku utk kapal ukuran 400 GRT keatas.
III. DINAS JAGA
Dalam STCW code
mengenai asas pokok tentang navigasi
a. jelaskan Mengenai asas ttg navigasi
jwb:
1. Membuat
rancangan pelayaran,dimana grs haluan di teliti sblm perjalanan di mulai.
2. selama jaga laut check haluan,posisi,kec. Kpl,alat2
navigasi di check secara berkala untk meyakinkan kpl berlayar sesuai haluan yg
di tetapkan.
3. mualim jaga
paham benar lokasi dan pengunaan semua peralatan navigasi
4. mualim jaga tdk
di bebani tgs lain yg mengganggu keselamatan navigasi kpl.
b. jelaskan mengenai asas ttg pencegahan
pencemaran lingkungan laut
jwb:
-nakhoda dan pwa jaga hrs memperhatikan
secara serius dampak dari polusi terhadap lingkungan laut dan melakukan
pencegahan.khusussnya dlm kerangka memenuhi aturan2 yg berlaku.
c. jelaskan mengenai asas ttg pelayaran dgn
pandu diatas kpl
jwb:
-pandu tdk mengambil alih ttgjwb nakhoda/pwa
jaga.
-nakhoda dan pandu
bertukar informasi ttg karakterisistik kpl dan kondisi lokal.
-nakhoda/pwa jaga
bekerja sama seerat mungkin demi keselamatan navigasi.
IV. apa saja yg
hrs dilakukan oleh pwa jaga, khususnya dlm hubungan dgn :
a. pencegahan
bahaya kandas
jwb:
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go
area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan
tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2
navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah
setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal
lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris
atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu
lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup
besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain
dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.
V RADAR PLOTING
No comments:
Post a Comment