Thursday, 13 August 2015

Naskah 4


I.BRIDGE TEAM MANAGEMENT

a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab :
1. Untuk meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan

II.PENCEGAHAN PENCEMARAN
a. Lukislah dampak dari kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
Jawab :
- Kerusakan pada Biodata laut,
- Kerusakan pada terumbu karang/pantai,
- Tumpahan minyak tersebut,sangat sulit utk dinetralisir dan membutuhkan waktu lama dan biaya tinggi,
- Efek tumpahan minyak terhadap manusia dengan adanya kontak fisik/penghirupan uap minyak,terkomsumsinya sea food yg tercemar.

b. Jelaskan tindakan2 apa saja yg secara operasional dpt dilakukan oleh pihak kapal utk meminimalisasikan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut serta berikan keterangan2 secukupnya.
Jawab :
- Tidak membuang minyak didalam Special Area seperti Laut mediteranean,Laut Baltic,Laut hitam,Laut Merah,
- Lokasi pembuangan lebih dari 50 mil laut dari daratan,
- Pembuangan dilakukan waktu kapal berlayar,
- Tidak membuang lebih dari 30 ltr/mil,
- Tidak membuang lebih besar dari 1:30.000 dari jumlah muatan,
- Tanker harus dilengkapi dgn oil discharge monitoring (odm) dgn control systemnya,
- Sisa2 dari campuran minyak diatas kapal dari kamar mesin harus dikumpulkan ditanki slop tanks,kemudian dibuang ke tanki darat.Peralatan ini berlaku utk kapal ukuran 400 GRT keatas.

III. DINAS JAGA
Dalam STCW code mengenai asas pokok tentang navigasi

a. jelaskan  Mengenai asas ttg navigasi
jwb:
1. Membuat rancangan pelayaran,dimana grs haluan di teliti sblm perjalanan di mulai.
2. selama jaga laut check haluan,posisi,kec. Kpl,alat2 navigasi di check secara berkala untk meyakinkan kpl berlayar sesuai haluan yg di tetapkan.
3. mualim jaga paham benar lokasi dan pengunaan semua peralatan navigasi
4. mualim jaga tdk di bebani tgs lain yg mengganggu keselamatan navigasi kpl.
 
b. jelaskan mengenai asas ttg pencegahan pencemaran lingkungan laut
jwb:
-nakhoda dan pwa jaga hrs memperhatikan secara serius dampak dari polusi terhadap lingkungan laut dan melakukan pencegahan.khusussnya dlm kerangka memenuhi aturan2 yg berlaku.

c. jelaskan mengenai asas ttg pelayaran dgn pandu diatas kpl
jwb:
-pandu tdk mengambil alih ttgjwb nakhoda/pwa jaga.
-nakhoda dan pandu bertukar informasi ttg karakterisistik kpl dan kondisi lokal.
-nakhoda/pwa jaga bekerja sama seerat mungkin demi keselamatan navigasi.

IV. apa saja yg hrs dilakukan oleh pwa jaga, khususnya dlm hubungan dgn :

a. pencegahan bahaya kandas
jwb:
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.



V  RADAR PLOTING


No comments:

Post a Comment